Scientific Writing dan Research Training

Assalamu ‘Alaikum Wr Wb

KiAMI dan KEI kembali menyelenggarakan training bagi para pengurus dan seluruh anggota FSI FEUI. Dalam kesepmatan kali ini diselenggarakan pelatihan mengenai karya tulis ilmiah dan riset.

Training yang diselenggarakan pada hari Jum’at tanggal 25 Juli 2008 bertempat di Ruang B103 Kampus FSI FEUI. Kegiatan dimulai pukul 13.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sesi pertama diisi dengan sharing mengenai penulisan karya ilmiah yang diisi oleh beberapa orang yang sebelumnya pernah meraih penghargaan pada kompetisi penulisan karya ilmiah, dalam kesempatan ini disampaikan oleh Abdul Hadi Ilman (Ketua KEI), Teguh Iman M (Manajer External Affairs KiAMI) dan Farizy Yunaz (Manajer Accounting Study Group KiAMI). Mereka bertiga berbagi hal mengenai hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika akan membuat sebuah karya tulis seperti: sistematika, metodologi penulisan, masalah pencantuman footnote dan endnote, penentuan tema, perumusan masalah, dll. Banyak informasi yang berguna mungkin sebagian rekan dapatkan dalam sharing ini, terutama bagaimana metodologi penulisan itu dibuat akan berbeda hasilnya ketika kita membuat tulisan kualitatif dengan tulisan yang berdasarkan data kuantitatif. juga perumusan masalah sebagai bagian yang dikatakan cukup sulit untuk dilakukan, tetapi pada kunci yang harus diperhatikan adalah identifikasi apa yang seharusnya dan hal apa yang melenceng dari kondisi tersebut.

Secara keseluruhan sesi I ini berjalan dengan lancar, dan hal perlu diingat adalah membuat suatu karya tulis diperlukan kesabaran dan kemauan yang tidak kenal menyerah, jangan takut untuk mencoba menulis karena berdasarkan pengalaman mereka bertiga sebelumnya pun mereka kurang biasa menulis. Juga tulislah mengenai hal yang rekan-rekan senangi dan kuasai untuk mempermudah. Untuk rekan-rekan KiAMI harus loh menulis tentang ekonomi syariah, hehehehe!!! Tips lainnya:kalau ada mata kuliah (terutama tugas makalah) yang relevan dengan bidang yang rekan-rekan senangi (khususnya ekonomi syariah) jangan ragu-ragu untuk menggunakan tema tersebut!!!! Manfaatnya jadi lebih banyak bukan, selain tentunya dapat nilai, kita memiliki kontribusi terhadap pengembangan ekonomi syariah, apalagi kalau dipresentasikan sekalian dakwah tuh!!! Yang lebih asyiknya kalau ada lomba karya tulis ekonomi syariah dan temanya cocok dengan makalah-makalah kita kan tinggal edit dikit kirimin deh!!!! KEREN KAN!!!!

Sesi kedua, dilakukan setelah Shalat Ashar, diisi dengan pelatihan riset oleh Kak Ebi Junaidi (Dosen FEUI, Peneliti PEBS FEUI, Alumni KEI). Pada sesi ini dibahas mengenai hal apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan riset. Materi presentasi dapat diminta di Teguh (02198553414) atau tunggu di upload di blog ini ya!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: