KiAMI Goes to MUNAS VIII @ Unibraw part I

Assalamu ‘Alaikum Wr Wb

Alhamdulillah, pada tanggal 11-16 Juli 2008 kemarin, delegasi KiAMI FSI FEUI telah mengikuti rangkaian kegiatan Musyawarah Nasional VIII Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) di Universitas Brawijaya

Delegasi KiAMI yang terdiri dari 3 orang yaitu:

Fazri Zaelani (President)

Nur Annisa Hasniawati (General Secretary)

Teguh Iman Maulana (Manager of External Affairs)

Mengikuti kegiatan tahunan FoSSEI tersebut, delegasi KiAMI berangkat menuju kota Malang dari Jakarta pada hari Jum’at, 110708 menggunakan kereta api (Bangunkarta) bersama delegasi dari KEI FSI FEI. Tanpa hambatan, kami sampai di kota Jombang subuh keesokanharinya. Setelah beristirahat di rumah salah seorang delegasi KEI, kami melanjutkan perjalanan menuju Malang menggunakan bus. Tidak kami sangka, bus yang kami tumpangi melewati jalur yang lumayan berkelok-kelok, dan hal yang kami khawatirkan adalah sang supir mengendarai busnya dengan kecepatan yang cukup tinggi!!! Kami jadi teringat perkataan seseorang, katanya siapkan diri anda ketika di bus, dan benar saja saat baru naik bus sudah tergantung beberapa helai kantong plastik kecil!!! Curigalah kami! hehe, alhamdulillah tidak ada seorang pun dari kami yang mengalami hal yang sebelumnya terpikirkan di benak kami (mungkin pembaca dapat menarka sendiri hal apakah itu). Kami sangat berterima kasih atas sambutan dan bantuan keluarga saudari kami, Erva-KEI, selama kami berada di kota Jombang (Info: Ternyata tarif becak di Jombang mahal lho!!).

Sesampainya di Malang, tepatnya di terminal Landung Sari, kami pun harus menunggu jemputan panitia selama beberapa menit. Akhirnya panitia datang menjemput dan kami pun menuju penginapan kami selama mengikuti Munas menggunakan bus yang disediakan panitia. Ternyata di dalam bus sudah datang rekan-rekan dari Lampung, UNJ, dll. Yang jelas di hari pertama kami di Munas sih diisi dengan registrasi, ta’aruf, istirahat dan menunggu rekan-rekan dari daerah lain. (Nb: Delegasi kami sempat berenang walau akhirnya kedinginan akibat udara kota Batu yang sangat dingin!!!)

Minggu, 130708, hari pertama kegiatan Munas VIII, dimulai dengan seminar nasional bertemakan entrepreneurship di Aula Widyaloka kampus Universitas Brawijaya. Rangkaian dibuka oleh dekan FE Unibraw, Prof.Bambang S (wah yang namanya Bambang sepertinya langganan jadi dekan FE deh!! Dekan FEUI Prof. Bambang P.S Brodjonegoro), kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter hasil karya Presnas FoSSEI. Setelah itu seminar sesi I yang menghadirkan Bpk. Mooduto (dari LPPI) dan Bpk.Aries Mufti (Ketua umum MES), seminar sesi I ini membahas mengenai konsep dasar bisnis syariah dan urgensinya. Acara langsung dilanjutkan dengan seminar sesi II (padahal kami berharap ada coffee break, untuk menghilangkan rasa kantuk kami!!! hehehe) yang menghadirkan Bpk. Anshari (perwakilan BI) dan Bpk. Tyas (Ketua JPMI-Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia). Pada sesi ini dibahas mengenai peluang dan pilihan bisnis syariah pada sektor finansial dan sektor riil. Pada sesi ini delegasi kami hendak bertanya tetapi sayangnya kami tidak ada yang diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaannya (takut kali kalau anak UI bertanya hal yang sulit, hehehehe)

Akhirnya sesi seminar selesai, ini bagian yang menarik, ada Achievement Motivation Training oleh trainer dari TrustCo tepatnya TrustCo Surabaya. Kami semua beberapa kali menangis dan merasa bahwa pelatihan motivasi ini sangat menguatkan semangat kami untuk terus berjuang. Dalam pelatihan ini kami disuruh membayangkan kondisi ketika kami semua lulus kuliah dengan hasil yang sangat memuaskan, mungkin hal yang paling mengharukan dan membuat kami semua menangis adalah ketika digambarkan kehadiran orang tua kami saat upacara wisuda tersebut. Setelah itu kami pun dibawa untuk membayangkan kondisi jika kesuksesan tidak berhasil kami raih. AMT diakhiri dengan pemutaran sebuah cuplikan film yang cukup menggugah emosi!!!!
Walau waktu telah cukup sore, dan mungkin sebagian dari kami telah cukup lelah, acara dilanjutkan dengan acara yang cukup tidak jelas (satu jam bersama presnas) yang awalnya sih direncanakan berupa talkshow kebangsaan. yang cukup menegangkan dari sesi ini adanya pengumuman KSEI Award oleh presnas! Sayangnya KiAMI tidak memperoleh penghargaan apapun, kami maklum karena setengah tahun kemarin kan kami lebih banyak membenahi struktur internal yang harus banyak melakukan penyesuaian dengan kebijakan rektorat mengenai masalah masa kepengurusan organisasi. Namun, satu hal yang pasti (muncul dalam benak kami bertiga setidaknya pada saat di sana) bahwa kami bertekad KiAMI tahun ini harus lebih baik dan tunggu saja tanggal mainnya, kami akan menyajikan KiAMI yang berbeda!!!
to be continued…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: